PENGARUH AROMATERAPI CITRUS LIMON TERHADAP KESEHATAN MENTAL MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19

Effect of Citrus Limon Aromatherapy on Students' Mental Health During The Covid-19 Pandemic

Authors

  • Sitti Khadijah Universitas Respati Yogyakarta
  • Dheska Arthyka Palifiana Universitas Respati Yogyakarta
  • Tia Amestiasih Universitas Respati Yogyakarta
  • Cicilia Amalinda Universitas Respati Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v9i5.1461

Keywords:

Aromatherapy, Citrus Limon, Mental Health

Abstract

Perubahan yang dialami mahasiswa selama pandemi Covid-19 berpotensi terhadap terganggunya kesehatan mental mahasiswa. Masalah kesehatan mental yang meningkat di masa pandemi adalah stress, kecemasan, bahkan depresi, berkaitan dengan perubahan proses perkuliahan dan kehidupan sehari-hari. Aromaterapi merupakan salah satu metode nonfarmakologis untuk membantu memperbaiki atau menjaga kesehatan, membangkitkan semangat, menyegarkan serta menenangkan jiwa dan raga. Aromaterapi minyak Lemon (Citrus Limon) bisa meningkatkan mood, merelaksasikan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas aromaterapi citrus limon terhadap kesehatan mental mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang akan dilaksanakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Experimental berupa Pre-Post Test Design With Control Group. Aromaterapi citrus limon diberikan selama 1 bulan. Penilaian kesehatan mental dilakukan 2 kali, sebelum dan sesudah pemberian aromaterapi. Hasil analisis didapat bahwa pemberian aromaterapi citrus limon hanya memberikan efek pada kategori kecemasan dimana terdapat perbedaan bermakna antara sebelum dan setelah diberikan aromaterapi citrus limon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghakhani, N. et al. (2011) ‘Prevalence of depression among students of Urmia University of Medical Sciences (Iran)’, Iranian journal of psychiatry and behavioral sciences, 5(2), p. 131.

Agustina, E. E. N., Meirita, D. D. N. and Fajria, H. S. H. (2019) ‘THE EFFECT OF PEPPERMINT AROMATHERAPY ON REDUCING PAIN IN POST OPERATING SECTIO CAESAREA PATIENTS AT LEUWILIANG HOSPITAL, BOGOR: PENGARUH AROMATERAPI PEPPERMINT TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT NYERI PADA PASIEN POST OPERASI SECTIO CAESAREA DI RSUD LEUWILIANG K’, Jurnal Ilmiah Wijaya, 11(2), pp. 17–25.

Arbi, A. (2012) Psikologi komunikasi dan tabligh. Penerbit AMZAH.

Astuti, W., Rahayu, H. S. E. and Wijayanti, K. (2015) ‘Pengaruh Aromaterapi Bitter Orange Terhadap Nyeri Dan Kecemasan Fase Aktif Kala 1’, in Prosiding Seminar Nasional & Internasional.

Cahyani, N. K. S., Satriani, N. L. A. and Sagitarini, P. N. (no date) ‘GAMBARAN KESEHATAN MENTAL MAHASISWA TINGKAT AKHIR PRODI SARJANA KEPERAWATAN ITEKES BALI PADA MASA PANDEMI COVID-19’.

Ceccarelli, I. et al. (2004) ‘Effects of long-term exposure of lemon essential oil odor on behavioral, hormonal and neuronal parameters in male and female rats’, Brain research, 1001(1–2), pp. 78–86.

Cheung, T. et al. (2016) ‘Depression, anxiety and symptoms of stress among baccalaureate nursing students in Hong Kong: a cross-sectional study’, International journal of environmental research and public health, 13(8), p. 779.

Dadang, H. (2011) ‘Manajemen Stres Cemas dan Depresi’, Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Fatmawati, D. P. and Maliya, A. (2016) ‘Pengaruh Relaksasi Progresif dan Aromaterapi Lavender Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Dengan Spinal Anestesi’. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hadi, P. (2004) ‘Depresi & Solusinya’.

Hamada, K. and Fan, X. (2020) ‘The impact of COVID-19 on individuals living with serious mental illness’, Schizophrenia research, 222, pp. 3–5.

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P. and Harahap, S. R. (2020) ‘Analisis tingkat stres akademik pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh dimasa Covid-19’, Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), pp. 10–14.

Hasanah, U. et al. (2020) ‘Psychological description of students in the learning process during pandemic COVID-19’, Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 8(3), pp. 299–306.

Horesh, D. and Brown, A. D. (2020) ‘Traumatic stress in the age of COVID-19: A call to close critical gaps and adapt to new realities.’, Psychological Trauma: Theory, Research, Practice, and Policy, 12(4), p. 331.

Iryani, N. (2015) 365 ideas of happiness. Bentang B first.

Kaplan, B. and Grebb, J. A. (2015) ‘Sinopsis Psikiatri Ilmu Pengetahuan perilaku psikiatri Klinis: Jakarta’. Indonesia.

Kariv, D. and Heiman, T. (2005) ‘Task-oriented versus emotion-oriented coping strategies: The case of college students.’, College Student Journal, 39(1).

Kurniasari, E., Rusmana, N. and Budiman, N. (2019) ‘Gambaran umum kesejahteraan psikologis mahasiswa’, Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(02), pp. 52–58.

Lemon, K. (2004) ‘An assessment of treating depression and anxiety with aromatherapy’, International journal of aromatherapy, 14(2), pp. 63–69.

Lubis, H., Ramadhani, A. and Rasyid, M. (2021) ‘Stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring selama masa pandemi Covid 19’, Jurnal Psikologi, 10(1), pp. 31–39.

Lutfian, L., Rizanti, A. P. and Chandra, I. N. (2022) ‘Efektivitas Aromatherapy Lemon Balm dan Terapi Musik untuk Mengatasi Ansietas Pasien COVID-19’, Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 15(1), pp. 120–130.

Maia, B. R. and Dias, P. C. (2020) ‘Anxiety, depression and stress in university students: the impact of COVID-19’, Estudos de Psicologia (Campinas), 37.

Miller, K. and Barbour, J. (2014) Organizational communication: Approaches and processes. Cengage Learning.

Musradinur, M. (2016) ‘Stres dan cara mengatasinya dalam perspektif psikologi’, JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), pp. 183–200.

Nevid, J. S., Rathus, S. P. and Greene, B. (2003) ‘Psikologi Abnormal (edisi 5)’, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ogeturk, M. et al. (2010) ‘Effects of lemon essential oil aroma on the learning behaviors of rats’, Neurosciences Journal, 15(4), pp. 292–293.

Ramadhany, A., Firdausi, A. Z. and Karyani, U. (2021) ‘Stres pada mahasiswa selama pandemi covid-19’, Jurnal Psikologi Insight, 5(2), pp. 65–71.

Ramadhian, M. R. and Zettira, O. Z. (2017) ‘Arometerapi Bunga Lavender (Lavandula angustifolia) dalam Menurunkan Risiko Insomnia’, Jurnal Majority, 6(2), pp. 61–64.

Rompas, S. and Gannika, L. (2019) ‘Pengaruh Aromaterapi Lemon (Citrus) Terhadap Penurunan Nyeri Menstruasi Pada Mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado’, Jurnal keperawatan, 7(1).

Santoso, A. et al. (2020) ‘Tingkat depresi mahasiswa keperawatan di tengah wabah COVID-19’, Holistic Nursing and Health Science, 3(1), pp. 1–8.

Stuart, G. W. (2006) ‘Buku saku: Keperawatan jiwa’, in. Egc.

Walean, C. J. S., Pali, C. and Sinolungan, J. S. V (2021) ‘Gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19’, Jurnal Biomedik: JBM, 13(2), pp. 132–143.

Published

2023-10-30

How to Cite

Sitti Khadijah, Palifiana, D. A. ., Amestiasih , T. ., & Amalinda, C. . (2023). PENGARUH AROMATERAPI CITRUS LIMON TERHADAP KESEHATAN MENTAL MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 : Effect of Citrus Limon Aromatherapy on Students’ Mental Health During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 9(5), 525-532. https://doi.org/10.33023/jikep.v9i5.1461