PENGEMBANGAN APLIKASI DIABETES FOOT ULCER ASSESSMENT SCALE (DFUAS) PADA SMARTPHONE

Development of the Diabetes Foot Ulcer Assessment Scale (DFUAS) Application on Smartphones

Authors

  • Andi Minhajuddin Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Keperawatan Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Saldy Yusuf Dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Hasanuddin, Makassar
  • Yuliana Syam Dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Hasanuddin, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33023/jikep.v5i1.210

Abstract

Tujuan: Melakukan pengembangan aplikasi smartphone Diabetic Foot Ulcer Assessment Scale (DFUAS) pada penilaian Luka Kaki Diabetes (LKD).

Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah perencanaan dan penelitian pengembangan (Design and Development Research). Melakukan pengembangan DFUAS paper based menjadi aplikasi DFUAS pada smartphone.

Hasil: Pengembangan aplikasi DFUAS paper based menjadi aplikasi DFUAS pada smartphone, menghasilkan aplikasi yang memiliki beberapa fitur. Fitur yang tersedia pada aplikasi DFUAS hasil pengembangan diantaranya adalah fitur login, menu utama (home), tambah data pasien, pengkajian pasien, tampilkan data dan memunculkan grafik hasil pengkajian.  

Kesimpulan: Aplikasi DFUAS pada smartphone memiliki keunggulan bila dibandingkan dengan DFUAS paper based. Berbagai fitur yang terdapat pada aplikasi DFUAS pada smartphone menjadi kelebihan. Meskipun demikian masih dibutuhkan pengembangan lanjut dan penelitian sebelum aplikasi ini digunakan secara umum.

Kata kunci: Smartphone, Pengkajian luka, DFUAS, Luka Kaki Diabetes

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-03-24

How to Cite

Minhajuddin, A., Yusuf, S., & Syam, Y. (2019). PENGEMBANGAN APLIKASI DIABETES FOOT ULCER ASSESSMENT SCALE (DFUAS) PADA SMARTPHONE: Development of the Diabetes Foot Ulcer Assessment Scale (DFUAS) Application on Smartphones. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 5(1), 25-30. https://doi.org/10.33023/jikep.v5i1.210